Jumat, 13 Januari 2012

MANUSIA DAN PERMASALAHANNYA


A. Masalah Sosial
Menurut Soerjono Soekanto masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.
Yang memutuskan bahwa sesuatu itu merupakan masalah sosial atau bukan adalah masyarakat yang kemudian disosialisasikan melalui entitas. Dan tingkat keparahan masalah sosial yang terjadi dapat diukur dengan membandingkan antara sesuatu yang ideal dengan realitas yang terjadi (Coleman dan Cresey, 1987).

B. Stratifikasi Sosial
Stratifikasi sosial atau pelapisan sosial adalah pengelompokan para anggota masyarakat secara bertingkat. Kriteria yang menonjol sebagai dasar pembentukan pelapisan sosial adalah ukuran kekayaan, kekuasaan, kehormatan dan ilmu pengetahuan.
Stratifikasi sosial merupakan suatu konsep dalam sosiologi yang melihat bagaimana anggota masyarakat dibedakan berdasarkan status yang dimilikinya. Stratifikasi sosial dapat terjadi dengan sendirinya sebagai bagian dari proses pertumbuhan masyarakat, juga dapat dibentuk untuk tercapainya tujuan bersama.

C. Personality (kepribadian)
Menurut pendapat Koentjaraningrat kepribadian adalah susunan unsur-unsur akal dan jiwa yang menentukan perbedaan tingkah laku dari tiap-tiap individu atau ciri-ciri watak seorang individu yang konsisten, yang memberikan kepadanya suatu identitas sebagai individu yang khas. Yang menjadi unsur-unsur dari kepribadian adalah pengetahuan, perasaan dan dorongan.

D. Modernisasi, Globalisasi dan Universalisme
a. Modernisasi
Modernisasi merupakan proses mengangkat kehidupan, suasana batin yang lebih baik dan maju daripada kehidupan sebelumnya, suasana kehidupan yang serasi dengan kemajuan zaman. Maka dalam kehidupan modernisasi tercermin alam fikiran rasional, ekonomis, efektif dan efisien.
b. Globalisasi
Globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya popular, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu Negara menjadi semakin sempit.
Globalisasi mempengaruhi hampir semua aspek yang ada di masyarakat, termasuk diantaraya aspek budaya. Kebudayaan dapat diartikan sebagai nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat terhadap berbagai hal. Globalisasi sebagai sebuah gejala tersebarnya nilai-nilai dan budaya tertentu ke seluruh dunia telah terlihat sejak lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar